10 Manfaat Yang Boleh Didapat Oleh Seorang Perantau .

*****Ketika akan kuliah (merantau) ke kota lain tentunya sangat menyenangkan bagi seorang remaja. Yang membuatnya senang adalah merasa bebas, mahu melakukan apapun tidak ada yang melarang, tidak ada lagi yang memarahinya saat pulang lambat, kewangan pun boleh diatur sendiri, dll.

*****Namun, tahap masalah yang dihadapinya pun semakin tinggi. Ia harus melakukan semuanya sendiri, tak ada lagi orang tua yang biasa mengurusnya. Dan saat merantaulah ia banyak belajar. Berikut manfaat saat seseorang merantau.

Menjadi Orang Yang Bertanggung Jawab
Kamu dipercaya untuk tinggal berjauhan dengan orang tua kamu adalah sebuah tanggung jawab yang besar dan ini harus dijaga. Hanya orang perantau yang tahu bagaimana menjaga kepercayaan tersebut.

Mudah Menyesuaikan Diri
Pada saat merantau kamu akan merasakan dan mengalami banyak perbezaan budaya. Perlu pengetahuan yang cukup tinggi untuk boleh menyesuaikan diri dengan sebuah lingkungan baru. Mempelajari persekitaran dan budaya di tempat tinggal baru harus dilakukan. Dan anak perantau pasti sudah tahu caranya menyesuaikan diri dengan baik.

Boleh Survive (Bertahan)
Saat wang mulai menipis, persediaan beras pun hampir habis. Sementara kiriman dari orang tua baru datang 2 minggu lagi. Cara yang sering dilakukan adalah meminjam wang pada kawan yang punya duit lebih dari kita. Atau menjalin silaturahim ke kontrakan teman yang punya beras masih banyak. Saat jauh dari orang tua, kamu akan melakukan segala hal untuk bertahan. Dan inilah yang membuat kamu menjadi lebih tahan terhadap halangan dan rintangan kerana terbiasa melalukan segala hal dengan sendiri, tanpa bantuan dari orang tua.

Suka Pada Cabaran
Tinggal di sebuah persekitaran baru akan mempertemukanmu dengan berbagai macam halangan dan rintangan. Cepat atau lambat kamu akan mampu mengatasi halangan dan rintangan tersebut karena sudah terbiasa menghadapinya.

Berani Mengambil Risiko
Saat orang - orang mengambil keputusan dengan penuh pertimbangan, Kamu akan menjadi karakter yang lebih berani dalam memutuskan sesuatu. Karena selama didalam perantauan kamu sudah terbiasa dengan hal tersebut.

Lebih Mudah Mengikhlaskan Sesuatu 
Selama menjalani kehidupan di tanah rantau, pasti banyak hal yang berjalan tidak sesuai dengan yang kamu harapkanSaat kamu berada bersama orang tuamu mungkin kamu bisa mencari jalan pintas dengan memanfaatkan relasi yang dimiliki orang tua kamu. Tapi di tanah rantau kamu akan belajar makna dari sebuah keikhlasan.

Memiliki Menguruskan Diri Yang Lebih Baik
Uang yang dikirim orang tua harus dapat kamu perhitungkan hingga kiriman selanjutnya. Kamu akan menguruskan kewangan sendiri dan menguruskan waktumu sendiri. Ini akan menjadikanmu manager terbaik untuk dirimu sendiri.

Melihat Sesuatu Dari Dua Sisi
Bagi mereka yang belum pernah merantau, mereka akan terbiasa melihat hanya dari satu sisi. Tapi kamu yang sudah terbiasa hidup dengan berbagai golongan akan dapat memahami sesuatu dari dua sisi.

Tidak Menjadi Orang Yang Sombong
Mungkin saat berada dikampung halaman, semua orang mengenal kamu kerana ayahmu adalah orang tertinggi di kampungmu. Akan tetapi di tanah rantau kamu memulai semua dari no 1. tidak ada latar belakang yang membangun penilaian terhadapmu. Semuanya kamu sendiri yang memulai.

Berbahagialah kalian yang diberi kesempatan untuk bisa merantau. Tidak banyak orang yang bisa merasakan hal tersebut. Bagi kamu yang saat ini masih bersama orang tua, tidak ada salahnya mencoba hal yang baru. Keluar dari zona nyaman untuk membangun karakter menjadi lebih baik

0 Response to "10 Manfaat Yang Boleh Didapat Oleh Seorang Perantau ."

Post a Comment